Rabu, 06 Juni 2012


Sebagai mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan tugas skripsi, akhir-akhir ini kebanyakan dari kami diribetkan oleh hal-hal sepele yang biasanya kami abaikan. Tetapi disaat terakhir seperti itu justru dibutuhkan secara urgent. Berikut ini tips untuk para siswa, mahasiswa atau umum yang membutuhkan foto yang berukuran kecil untuk di upload, menyatukan file dengan beda jenis halaman (biasanya romawi dan angka biasa) dan membuat daftar isi yang baik. Tulisan ini sama sekali tidak beraturan, hanya bermaksud membantu para insan yang telah cukup yakin dengan tulisan mereka, tetapi tersandung masalah daftar isi dan halaman. Semoga membantu, berikut tipsnya :
RESIZE FOTO (PIXEL DAN UKURAN)
Biasanya akan mempermudah kita dalam mengunggah foto di Internet, selain itu kumpulan foto yang menumpuk memakan banyak space di hardisk komputer. Akan sangat baik bila di gunakan sesuai dengan kebutuhan agar efisien.
Resize foto dilakukan menggunakan software fastStone Photo Resizer yang di download gratis di link berikut:




   Dengan menggunakan software ini, tidak merusak file foto milik anda dan bisa mengkonvert ribuan foto dengan lebih cepat. Tinggal klik add lalu browse untuk memilih tempat output foto, dan klik convert. Selamat mencoba J

MEMBUAT DAFTAR ISI
Berikut ini cara membuat daftar isi di Microsoft words, selamat mencoba!
1.    Masuk ke Tabs, tidak tahu tindak formalnya, tetapi cara cepatnya klik tanda tab yang ada di ruler bagian atas, seperti berikut:

yang dilingkari hitam tersebut di klik 2 kali sehingga muncul kotak Tabs seperti diatas. Isi Tabs yang dilingkari merah dengan dua tahap.
1. Tahap untuk menyuguhkan titik-titik yang rapi, tentukan batas titik-titik dalam file milik anda. Misalnya diatas itu batasnya adalah 6", maka nanti ketika anda menekan tab, titik-titik dalam file akan muncul hingga 6 inci ke depan. Setelah ditentukan, dalam aligment (Warna hijau) klik left, dan dalam leader klik 2........ (nomor dua), setelah itu klik set untuk menyimpan setingan. 
2. Tahap selanjutnya pilih batas anda akan menuliskan angka halaman, dalam contoh diatas adalah 6,5". Maka ketika anda menekan tab untuk kedua kalinya akan berada ditempat anda menuliskan halaman. Kembali klik set. Lalu OK
Setelah selesai, tanda tab yang muncul akan saling berhadapan. Selanjutnya lanjutkan mengetik, lalu tab dan tab lagi.
How easy your life guys, 
Selamat mencoba.

MENYATUKAN FILE YANG BEDA TIPE HALAMAN
Biasanya digunakan untuk menyatukan halaman-halaman dengan tipe i, ii, iii, ... dst dengan angka 1, 2, 3 dst. Berikut ini caranya.
1. Satukan files yang akan diubah halamannya. Beri halaman dengan cara insert, lalu page number pilih  halaman jenis romawi dan seterusnya. 
2. Bila selesai memberi halaman, klik halaman satu halaman sebelum halaman yang akan diberi jenis halaman berbeda (di halaman romawi terakir sebelum halaman angka). Lalu pilih page setup dan pilih break, lalu pilih next page. Setelah itu halaman berikutnya tidak menunjukan halaman romawi, tetapi kosong. Ulangi langkah 1 dengan memilih halaman jenis angka biasa. 
Begitu seterusnya..
Mudah dan Cepat
Selamat mencoba.

FILE PDF
Biasanya hanya tinggal klik save as, dan pilih PDF, tetapi terkadang ada beberapa office yang belum terinstal pdf. Bisa di instal di link berikut:


Selamat mencoba...







0 komentar:

Posting Komentar